Rolls-Royce Biaya Servisnya Ngalahin Harga Jual

Rolls-Royce Biaya Servisnya Ngalahin Harga Jual

Rolls-Royce Ini Dijual ‘Murah’ tapi Biaya Servisnya Ngalahin Harga Jual

Rolls-Royce Biaya Servisnya Ngalahin Harga Jual, merupakan mobil premium buat para sultan berkocek tebal. Nggak cuma harganya yang mahal, biaya servisnya juga bikin geleng-geleng kepala buat sebagian orang.

Di kutip Carscoops, terdapat Rolls-Royce Phantom lansiran 2004 yang di jual di Beverly Hills, Amerika Serikat. Harganya cukup kompetitif, yakni USD 69.950 atau sekitar Rp 1,1 miliaran (kurs USD 1 = Rp 16.006), padahal harga barunya sekitar USD 320.000 pada 20 tahun lalu, atau mengikuti inflasi setara USD 531.000 atau setara Rp 8,4 miliaran.

Mobil tersebut masih tergolong mulus, mesin V12 6.8 liter bertenaga 459 PS yang masih halus. Selayaknya mobil Rolls-Royce, masih terdapat fitur pintu belakang suicide door dan logo kebanggaan Spirit of Ecstacy.

Rolls-Royce Phantom 2004 ini menampilkan 86.783 mil atua 139.663 kilometer pada odometer. Jarang di pakai untuk mobil yang sudah berumur dua dekade.

Eksteriornya tersaji dalam warna Silver yang di lengkapi dengan interior Magnolia, semuanya masih dari bawaan pabrik.

Interiornya juga terlihat mulus. Rolls Royce Phantom 2004 ini juga di bekali beberapa fitur kenyamanan tambahan termasuk AC, kursi depan yang dapat di setel secara elektrik, kaca spion luar (di kontrol secara elektrik), jendela yang di operasikan dengan electric, cruise control, konsol tengah, nampan piknik belakang, radio AM/FM, tempat cangkir, dan pelindung matahari dengan kaca rias yang menyala.

Menariknya sebagai bagian dari koleksi, mobil ini sudah di lengkapi dengan buku manual pemilik, yang memberikan informasi berharga tentang fitur dan perawatan kendaraan.

Nah, keunikan lain dari Rolls-Royce Phantom ini. Harga jualnya lebih murah dari biaya servis yang di keluarkan tahun lalu. Ya, jadi penjual mencantumkan biaya servis tahun 2023 yang mengeluarkan uang sebesar USD 78.913 atau sekitar Rp 1,26 miliaran!

Kuitansi servis Rolls-Royce itu turut di sertakan dalam pembelian mobil. Ini menunjukkan mobil dalam perawatan dan perhatian cermat.

1. Biaya Servis Rolls-Royce Phantom 2004

Rolls-Royce Phantom 2004 bukanlah mobil biasa, dan demikian pula biaya servisnya. Servis untuk mobil mewah seperti Phantom tidak hanya mencakup rutin penggantian oli dan filter, tetapi juga pemeliharaan komponen-komponen khusus yang unik untuk mobil mewah tersebut. Biaya servis ini seringkali melibatkan pekerjaan khusus oleh teknisi yang terlatih dengan baik dan menggunakan suku cadang asli Rolls-Royce.

2. Komponen-Komponen Khusus

Rolls-Royce Phantom 2004 di lengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi mewah, termasuk suspensi udara yang kompleks, sistem hiburan di dalam kabin, serta sistem elektronik canggih lainnya. Pemeliharaan dan perbaikan komponen-komponen ini memerlukan keterampilan khusus dan penggunaan suku cadang yang berkualitas tinggi, yang dapat meningkatkan biaya servis secara signifikan.

3. Pemeliharaan Eksterior dan Interior

Selain dari sisi teknis, pemilik Rolls-Royce Phantom 2004 juga mungkin ingin menjaga tampilan luar dan dalam mobilnya tetap prima. Pembersihan dan perawatan eksterior yang berkualitas, termasuk perawatan cat dan krom, dapat menambah biaya servis. Di dalam kabin, pemeliharaan material interior mewah seperti kulit, kayu, dan karpet juga memerlukan perawatan khusus untuk menjaga keanggunan dan kenyamanan.

4. Ketersediaan Suku Cadang

Rolls-Royce Phantom 2004 adalah mobil yang sudah tidak di produksi lagi, sehingga ketersediaan suku cadang mungkin menjadi masalah. Beberapa suku cadang mungkin perlu di pesan khusus dari pabrik, yang dapat meningkatkan biaya dan waktu perbaikan. Selain itu, harga suku cadang asli Rolls-Royce biasanya lebih tinggi daripada suku cadang untuk mobil konvensional.

Baca juga: Prototipe Daihatsu Sirion Listrik

5. Keselamatan dan Kinerja Optimal

Meskipun biaya servis Phantom 2004 mungkin tinggi, pemiliknya biasanya mengharapkan standar keselamatan dan kinerja yang optimal dari mobil mewah ini. Pemeliharaan yang teratur dan servis yang tepat waktu dapat membantu menjaga mobil dalam kondisi terbaiknya dan mengurangi risiko kegagalan mekanis atau keamanan.

6. Nilai Jual dan Depresiasi

Sementara Rolls-Royce Phantom 2004 memang menawarkan kemewahan dan prestise yang tak tertandingi, nilai jualnya cenderung mengalami depresiasi yang cukup besar dari tahun ke tahun. Faktor biaya servis yang tinggi dapat menjadi pertimbangan bagi calon pembeli potensial, yang mungkin cenderung mencari mobil yang memiliki biaya operasional yang lebih rendah.

7. Pertimbangan bagi Pemilik

Bagi pemilik Rolls-Royce Phantom 2004, penting untuk mempertimbangkan biaya servis sebagai bagian dari pengalaman kepemilikan mobil mewah ini. Memiliki anggaran yang cukup untuk merawat dan memelihara mobil dengan standar Rolls-Royce adalah suatu keharusan. Namun, bagi mereka yang benar-benar menghargai kemewahan dan keanggunan yang di tawarkan oleh Phantom, biaya servis mungkin di anggap sebagai investasi dalam menjaga mobil dalam kondisi terbaiknya.