Prototipe Daihatsu Sirion Listrik

Prototipe Daihatsu Sirion Listrik

Prototipe Daihatsu Sirion Listrik, Begini Wujudnya

Prototipe Daihatsu Sirion Listrik Perusahaan otomotif Malaysia, Perodua, meluncurkan prototipe kendaraan listrik (EV) berbasis Perodua Myvi atau Daihatsu Sirion. Mobil listrik ini di sebut Myvi Conversion.
Daihatsu Sirion listrik yang di buat dalam bentuk Myvi Conversion di Malaysia ini menjadi landasan bagi Perodua untuk membangun teknologi elektrifikasi.

Prototipe EV ini terdiri dari tiga bagian utama yaitu power bench, power converter, serta keseluruhan gaya dan desain di buat di Malaysia. Hanya pengembangan teknologi konversi daya yang di lakukan bersama perusahaan Australia.

“Pengembangan power bench ini di lakukan oleh kami (Perodua) yang bermitra dengan tiga universitas lokal – Universiti Tenaga Nasional, Universiti Kuala Lumpur, dan Universiti Putra Malaysia untuk sepenuhnya memahami teknologi ini dan menjadikannya milik kami,” kata Presiden dan Chief Executive Officer Perodua, Dato’ Sri Zainal Abidin Ahmad, dalam keterangan tertulisnya.

Kolaborasi yang di mulai pada bulan September 2022 ini menunjukkan Perodua dan ketiga universitas bekerja sama untuk mengembangkan powertrain kendaraan listrik dari awal. Hal ini meningkatkan keahlian dan kemampuan masing-masing entitas di bidang kendaraan listrik.

“Ini adalah permulaan bagi kami, dan kami ingin menjadikan permulaan ini se-Malaysia,” kata Dato’ Sri Zainal.

“Kami memilih Perodua Myvi (kembaran Daihatsu Sirion di Malaysia) sebagai model pilihan untuk proyek ini karena merupakan model yang telah menarik imajinasi dan perhatian sebagian besar masyarakat Malaysia,” kata Dato’ Sri Zainal.

“Perodua EV pertama sebenarnya akan terlihat berbeda dari apa yang di pamerkan di sini, namun yakinlah bahwa harinya akan segera tiba,” sebutnya.

Perodua Myvi EV ini di pamerkan di Malaysia Auto Show 2024.

1. Desain Eksterior

Prototipe Daihatsu Sirion Listrik memiliki desain eksterior yang mirip dengan model Sirion konvensional. Tetapi dengan beberapa perubahan yang di buat untuk mengakomodasi sistem penggerak listrik. Mungkin terdapat perubahan pada gril depan, aerodinamika yang di tingkatkan, serta penambahan detail-detail futuristik yang menandakan bahwa ini adalah kendaraan listrik.

Baca juga: Varian dan Harga Mobil MG Terbaru di Indonesia

2. Sistem Penggerak Listrik

Salah satu aspek paling penting dari prototipe ini adalah sistem penggerak listriknya. Meskipun rincian teknisnya mungkin belum tersedia secara terbuka, prototipe Daihatsu Sirion Listrik kemungkinan besar menggunakan motor listrik yang terhubung langsung ke baterai untuk memberikan daya. Ini mungkin juga memiliki sistem regenerasi energi saat pengereman untuk meningkatkan efisiensi energi.

3. Baterai dan Jarak Tempuh

Baterai merupakan komponen kunci dalam mobil listrik. Prototipe Daihatsu Sirion Listrik kemungkinan menggunakan baterai lithium-ion atau teknologi baterai terbaru lainnya. Informasi tentang kapasitas baterai dan jarak tempuhnya mungkin belum tersedia secara detail, tetapi perkiraan jarak tempuh yang dapat di capai dengan satu pengisian baterai akan menjadi faktor penting dalam menilai kinerja kendaraan.

4. Interior dan Fitur

Interior prototipe Daihatsu Sirion Listrik mungkin telah di sesuaikan untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan canggih. Kemungkinan ada panel instrumen yang di rancang ulang untuk menampilkan informasi terkait dengan status pengisian baterai, efisiensi energi, dan fitur-fitur lainnya yang spesifik untuk mobil listrik. Selain itu, fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang di temukan dalam mobil listrik modern seperti sistem pengereman otomatis, bantuan pengemudi, dan konektivitas mungkin juga di sertakan.

5. Performa dan Kinerja

Meskipun belum ada detail spesifik tentang performa mobil, prototipe Daihatsu Sirion Listrik kemungkinan akan menawarkan akselerasi yang mulus dan responsif. Berkat tenaga yang langsung tersedia dari motor listrik. Kemampuan untuk mencapai kecepatan tertentu. Dan menangani berbagai kondisi jalan dengan baik akan menjadi pertimbangan penting dalam mengevaluasi kinerja mobil ini.