Mobil Listrik Baru dari Brand BYD

Mobil Listrik Baru dari Brand BYD

Mobil Listrik Baru dari Brand BYD! Ini Dia Review BYD Seal!

Mobil Listrik Baru dari Brand BYD Industri otomotif tidak pernah kehabisan pelurunya. Berbagai brand mobil dari Asia dan Eropa terus melebarkan sayapnya dan menambah amunisi mereka. Belum lagi, kehadiran kategori mobil listrik atau yang di kenal dengan sebutan electric vehicle (EV). Di industri otomotif yang membuat kompetisi antar merk mobil semakin ketat. Mobil listrik pun bukan hanya menjadi kategori kompitesi baru antar merk mobil. Namun juga menjadi daya tarik yang baru dan modern bagi masyarakat dunia.

Jika melihat pasar otomotif di Indonesia, mobil listrik menjadi tipe mobil yang menjadi topik utama. Dan pusat perhatian masyarakat saat ini. Pilihan dari mobil listrik yang ada juga tergolong banyak, sehingga membuat peminat otomotif dan teknologi semakin tergiur. Apalagi di bulan ini, sebuah pameran otomotif tahunan kembali hadir di JIExpo Kemayoran, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Pameran otomotif tahunan ini akan di selenggarakan mulai dari 15-25 Februari 2024.

Ada banyak brand dan mobil baru yang akan hadir di pameran IIMS kali ini. Salah satunya adalah brand mobil listrik terbaru dari China, yaitu BYD. BYD memiliki banyak produk mobil listrik dan mobilnya yang menjadi hot topic adalah BYD Seal, sebuah mobil listrik yang bertipe sedan. Bagaimana spesifikasi dan performa dari BYD Seal yang menjadi calon primadona di sektor mobil listrik ini?

Melalui artikel ini, Maybank Finance akan menjelaskannya lebih detail untukmu. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Interior & Teknologi BYD Seal

Memasuki bagian interiornya, kita akan di perlihatkan dengan tampilan yang futuristik dari kabinnya yang didominasi perpaduan warna tahiti blue dan hitam. Aura sporty dan elegan terlihat dari tampilan kabin BYD Seal. Beberapa fitur canggih juga hadir pada interior dari mobil ini. Terdapat layar yang cukup besar yang disebut rotatable touchscreen berukuran 15.6 inci sebagai sistem multimedia dan panel instrumen guna menampilkan berbagai informasi dan pengaturan. Bukan hanya layar multimedia yang lebar, BYD Seal juga memiliki panoramic sunroof yang dapat memberikan pengalaman berkendara dengan langit-langit mobil yang terbuka.

Berbicara tentang kemudinya, setir atau kemudi dari BYD Seal dilengkapi dengan berbagai tombol yang berfungsi sebagai shortcut guna mengaktifkan berbagai fitur berkendara dan multimedia. Tampilan setir atau kemudi dari mobil ini pun sangat futuristik

Selain kabinnya yang terlihat sporty dan elegan, kursi mobil ini juga di desain dengan penuh nuansa yang modern dan gaya yang ergonomi guna memberikan kenyamanan bagi pengemudi selama berkendara. Mampu menampung sebanyak 4 sampai 5 penumpang, kursi dari mobil ini di buat dengan material berkualitas yang di lengkapi dengan kemampuan penghangat yang di dukung dengan sistem electric yang dapat di atur sesuai dengan keinginan pengguna.

Sebagai salah satu mobil bertipe sedan, BYD Seal memiliki bagasi yang disebut smart storage. Fitur ini berada pada bagian depan, sehingga mobil ini dapat menampung 400 liter di bagasi bagian belakang dan 53 liter di bagasi bagian depan.

BYD Seal ini juga sudah menerapkan beberapa teknologi canggih dalam bagian-bagian tertentu. Contohnya, fitur intelligent voice control, sistem audio berkualitas tinggi kami bernama Premium HIFI Dynaudio yang memiliki 12 speaker mutakhir, navigation, cloud service, Android Auto & Apple Play, serta Front & Rear USB ports, 1 x 18W Type A,1 x 60W Type C.

Harga BYD Seal

Berbicara tentang harga dari mobil BYD Seal, terdapat beberapa tipe yang dirilis dengan harga yang berbeda oleh pihak BYD. Ada tiga tipe yang di rilis BYD untuk mobil Seal. Tipe yang pertama adalah BYD Seal varian Standard Range Dynamic yang di perkirakan memiliki harga sebesar Rp. 750 juta. Tipe kedua dari mobil ini adalah BYD Seal varian Extended Range Premium yang di perkirakan memiliki kisaran harga mulai dari Rp. 750 juta – Rp. 1 miliar. Lalu, tipe yang terakhir adalah BYD Seal varian AWD Performance yang memiliki kisaran harga lebih dari Rp.1 miliar. Harga yang tertera pun belum menjadi harga pasti dari pihak BYD. Namun, kamu dapat mengetahui harga pasti dari mobil ini di pameran IIMS.

Baca juga: PCD dan Offset Itu Apaan Sih?

Eksterior BYD Seal

Bukan hanya terlihat modern dan elegan, BYD Seal mempunyai eksterior yang menarik dan futuristik. Mobil ini memiliki dimensi dengan panjang 4.800 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.460 mm, sehingga mobil ini tampak sporty dan elegan.

BYD Seal menggunakan velg standar berukuran 235/45 R19,19’’ Bi-colour alloy wheels, lampu yang berbentuk double-U sehingga menghasilkan efek stereo, lampu bagian belakang yang memiliki corak dot matrix yang memanjang di sisi ekor mobil, High Beam Assistant (HBA), Electric Tailgate, dan Exterior Mirror Footlights.

Baterai dan Mesin BYD Seal

Mengenai baterai, BYD Seal menggunakan BYD Blade Battery (LFP) yang memiliki kapasitas sebesar 82.5 kWh dan nominal voltage sebesar 550.4 V. BYD Seal memiliki charging port dengan desain CCS2, Max. AC charging power 11kW, dan Max. DC charging power 150 kW. Baterai ini membutuhkan waktu selama 8.6 jam untuk mengisi daya dari 0%-100%, 37 menit untuk mengisi daya baterai dari 10%-80%, dan 26 menit untuk mengisi daya baterai dari 30%-80%.

Mesin dari BYD Seal ini terdiri dari dua jenis. Jenis yang pertama adalah Rear Wheel Drive (RWD) yang memiliki maximum power sebesar 230 kW, maximum torque sebesar 360 Nm, akselerasi dari 0-100 km/h selama 5.9 detik, top speed 180 km/h, dan drag coefficient 0.219 Cd, menggunakan double wishbone untuk front suspension, dan multi-link untuk rear suspension. 

Jenis yang kedua adalah All Wheel Drive (AWD) yangmemiliki maximum power sebesar 390 kW, maximum torque sebesar 670 Nm, akselerasi dari 0-100 km/h selama 3.8 detik, top speed 180 km/h, dan drag coefficient 0.219 Cd, menggunakan double wishbone with frequency variable damping shock absorber untuk front suspension dan multi-link with frequency variable damping shock absorber untuk rear suspension.

Pilihan Warna dari BYD Seal

Terdapat lima pilihan warna menarik yang di hadirkan oleh BYD untuk mobil Seal, yaitu Indigo Grey, Shadow Green, Ice Blue, Polar White, Space Black, dan Atlantis Grey. BYD juga memberikan 2 pilihan warna untuk interior mobil bagi pembeli yang menginkan tampilan mobil yang berbeda, yaitu Black dan Tahiti Blue. Opsi ini akan membuat tampilan interior BYD Seal semakin unik dan elegan.

Fitur Keamanan BYD Seal

Termasuk dalam jenis mobil sedan, fitur keamanan dari BYD Seal dapat di pastikan memiliki kelengkapan dan kualitas yang tidak main-main. Fitur keselamatan standar pada mobil ini meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist System (BAS), Brake Priority System (BOS), Electronic Stability Program, Traction Control, Hill-start Assist Control, Hill Descent Control, Tyre Pressure Monitoring System, Auto Central Door Locking, dan Lane Departure Warning (LDW).

Selain itu, BYD Seal juga di lengkapi dengan enam airbags dan fitur Blind-Spot Detection, Emergency Lane Keeping, Rear Cross Traffic Alert, Front Traffic Alert, Traffic Sign Recognition, dan 360 Camera.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai review BYD Seal. Sebelum membeli mobil yang kamu inginkan dan butuhkan, sebaiknya kamu mencari tahu informasi lengkap terkait mobil tersebut. Melalui cara tersebut, kamu dapat memilih berbagai mobil yang sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.