Hyundai Buka Suara Soal Santa Fe Hybrid Rilis Di Indonesia

Hyundai Buka Suara Soal Santa Fe Hybrid Rilis Di Indonesia

Hyundai Buka Suara Soal Santa Fe Hybrid Meluncur di RI

Hyundai Buka Suara Soal Santa Fe Hybrid Rilis Di Indonesia PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Tidak menutup kemungkinan untuk menghadirkan generasi terbaru dari SUV Santa Fe berteknologi hibrida di Tanah Air.

Pasalnya, di jelaskan Chief Marketing Officer HMID Budi Nur Mukmin, kini perseroan tengah berfokus pada kendaraan elektrifikasi sebagai upaya mendukung pemerintah mengurangi emisi guna menuju netralitas karbon pada 2060.

Terkhusus, pada mobil listrik berbasis baterai seperti Hyundai Ioniq 5 yang saat ini telah di produksi lokal dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 40 persen dan akan terus di tingkatkan sampai 60 persen.

“Suatu hal yang pasti, kita fokus di mobil listrik karena itu tidak hanya di Indonesia, tetapi Hyundai secara global fokus dan perhatian besarnya ke sana,” ucap Budi saat di temui di PIK, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

“Skenario itu akan selalu ada, tetapi saya belum bisa berbicara sekarang apakah Santa Fe akan ada varian hybrid atau tidak. Yang pasti kita fokus di mobil listrik,” tambah Budi.

“Kami merasa masa depan mobil ramah lingkungan memang ada starting-nya. Sebelum ke hidrogen saya rasa mobil listrik salah satu solusi. Jadi kita ingin fokus ke sana,” katanya.

Sebelumnya, Chief Operating Officer HMID Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, perusahaan bakal memperbarui semua produk yang di pasarkan di Tanah Air, tidak terkecuali Santa Fe.

Pernyataan tersebut di sampaikannya kala redaksi Kompas.com mengonfirmasi foto yang memperlihatkan SUV di maksud sedang dites di ruas tol Kelapa Gading dengan berbalut kamuflase.

“Pastinya, kami senantiasa memperbaharui produk yang kami jual di Indonesia seperti Santa Fe. Kami sedang melakukan studi terhadap kebutuhan model-model terbaru kami. Kami akan meluncurkan produk terbaru Hyundai dalam waktu dekat ini,” kata Frans, Senin (15/4/2024).

Sejarah dan Evolusi Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe pertama kali di perkenalkan pada tahun 2000 dan sejak itu telah mengalami berbagai perubahan signifikan. Model ini di kenal sebagai salah satu SUV andalan Hyundai yang menawarkan keseimbangan antara performa, kenyamanan, dan teknologi. Dengan di perkenalkannya versi hybrid, Santa Fe tidak hanya memadukan desain elegan dan fitur canggih, tetapi juga mengintegrasikan teknologi ramah lingkungan yang menjadi tren di industri otomotif global.

Teknologi Hybrid Hyundai

Santa Fe Hybrid menggunakan sistem hybrid yang menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik. Teknologi ini memungkinkan kendaraan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 secara signifikan. Mesin bensin yang di gunakan adalah 1.6L T-GDi (Turbocharged Gasoline Direct Injection) yang di sandingkan dengan motor listrik berdaya tinggi dan baterai lithium-ion polymer. Kombinasi ini memberikan tenaga yang kuat namun tetap efisien, menjadikan Santa Fe Hybrid sebagai pilihan ideal bagi konsumen yang menginginkan kendaraan bertenaga namun ramah lingkungan.

Fitur dan Keunggulan Santa Fe Hybrid

Selain teknologi hybrid, Santa Fe Hybrid juga di lengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang di rancang untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengendara. Beberapa fitur utama yang di sematkan pada Santa Fe Hybrid antara lain:

  1. Sistem Keamanan Canggih: Dilengkapi dengan Hyundai SmartSense, yang mencakup fitur seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), dan Lane Keeping Assist (LKA).
  2. Interior Mewah dan Nyaman: Santa Fe Hybrid menawarkan interior yang luas dengan bahan berkualitas tinggi. Sistem infotainment yang modern dengan layar sentuh berukuran besar, konektivitas smartphone, dan sistem suara premium menambah kenyamanan berkendara.
  3. Efisiensi Bahan Bakar: Dengan teknologi hybrid, Santa Fe Hybrid mampu mencapai efisiensi bahan bakar yang lebih baik di bandingkan dengan versi konvensional. Ini memberikan keuntungan ekonomis bagi pengguna dalam jangka panjang.
  4. Desain Eksterior Modern: Desain eksterior yang elegan dengan garis-garis tegas dan aerodinamis tidak hanya menambah estetika kendaraan tetapi juga membantu dalam mengurangi hambatan angin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Komitmen Hyundai terhadap Lingkungan

Peluncuran Santa Fe Hybrid di Indonesia merupakan bagian dari strategi global Hyundai untuk menghadirkan lebih banyak kendaraan ramah lingkungan. Hyundai telah berkomitmen untuk menjadi pemimpin dalam mobilitas berkelanjutan dengan menargetkan produksi kendaraan listrik dan hybrid dalam jumlah besar di masa depan. Upaya ini sejalan dengan visi Hyundai untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2045.

Respon Pasar dan Konsumen di Indonesia

Peluncuran Santa Fe Hybrid di Indonesia mendapatkan respon positif dari pasar dan konsumen. Semakin banyak konsumen yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan memilih kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, dukungan pemerintah Indonesia terhadap pengembangan kendaraan listrik dan hybrid melalui berbagai insentif dan regulasi juga menjadi faktor pendorong peningkatan permintaan terhadap kendaraan ramah lingkungan.

Baca juga: Destinasi Long-Weekend yang Bisa Dijangkau Mobil

Tantangan dan Prospek Kedepan

Meskipun respon terhadap Santa Fe Hybrid sangat positif, Hyundai masih menghadapi beberapa tantangan dalam memperluas pasar kendaraan hybrid di Indonesia. Salah satu tantangan utama adalah infrastruktur pengisian daya yang masih terbatas. Untuk mengatasi hal ini, Hyundai bekerja sama dengan pemerintah dan pihak swasta. Untuk mempercepat pembangunan infrastruktur pengisian daya di seluruh Indonesia.

Selain itu, harga kendaraan hybrid yang relatif lebih tinggi di bandingkan dengan kendaraan konvensional juga menjadi tantangan. Namun, dengan adanya insentif dari pemerintah dan penurunan biaya produksi seiring dengan meningkatnya volume produksi, harga kendaraan hybrid di harapkan akan semakin terjangkau di masa mendatang.

Masa Depan Kendaraan Hybrid di Indonesia

Peluncuran Hyundai Santa Fe Hybrid di Indonesia menandai langkah awal menuju era baru kendaraan ramah lingkungan di tanah air. Dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya lingkungan dan dukungan dari pemerintah, prospek kendaraan hybrid di Indonesia terlihat sangat cerah. Hyundai berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan lebih banyak model kendaraan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.

Hyundai Santa Fe Hybrid bukan hanya sekedar kendaraan, tetapi merupakan simbol komitmen Hyundai terhadap inovasi dan keberlanjutan lingkungan. Peluncuran Santa Fe Hybrid di Indonesia adalah langkah strategis. Yang di harapkan dapat mendorong perkembangan pasar kendaraan ramah lingkungan di tanah air. Dengan menggabungkan teknologi canggih, kenyamanan, dan efisiensi bahan bakar, Hyundai Santa Fe Hybrid menjadi pilihan ideal bagi konsumen yang peduli terhadap lingkungan dan menginginkan kendaraan yang unggul dalam segala aspek.

Hyundai tidak hanya membuka babak baru dalam sejarah Santa Fe, tetapi juga berkontribusi dalam upaya global untuk mengurangi emisi karbon dan menjaga kelestarian lingkungan. Dengan dukungan konsumen dan pemerintah, Hyundai optimis bahwa kendaraan hybrid akan menjadi bagian penting dari masa depan otomotif Indonesia. Itulah Penjelasan Hyundai Buka Suara Soal Santa Fe Hybrid Rilis Di Indonesia.