Beli Mobil Matik Bekas di Atas 10 Tahun

Beli Mobil Matik Bekas di Atas 10 Tahun

Beli Mobil Matik Bekas di Atas 10 Tahun Harus Lebih Waspada

Beli Mobil Matik Bekas di Atas 10 Tahun Mobil dengan transmisi matik bekas cukup menarik. Bagi konsumen yang ingin mengendarai kendaraan dengan mudah di berbagai medan, salah satunya kondisi macet di perkotaan.

Namun, perlu di trcatat membeli mobil matik bekas apalagi yang usianya di atas 10 tahun, memerlukan kewaspadaan ekstra terhadap kondisi komponen transmisi.

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Warner Matic Bengkel Spesialis Matik, mengatakan, semua jenis transmisi otomatis memiliki masa pakai.

“Jika usia mobil matik bekas sudah di atas 10 tahun, maka di perlukan antisipasi dengan menganggap transmisinya sudah rusak, sehingga tidak akan kecewa di kemudian hari ketika terjadi kerusakan,” kata Hermas kepada paladimotor.id, belum lama ini.

Hermas mengatakan, kerusakan transmisi di mobil matik yang usianya di atas 10 tahun sangat mungkin terjadi, sebab beberapa komponen di dalamnya memiliki masa pakai.

Dengan begitu, mobil matik di atas 10 tahun membutuhkan persiapan dana lebih untuk perbaikan transmisi supaya performa bisa kembali normal.

“Jadi ketika dapat mobil dengan banderol lebih kecil, jangan menganggap dapat barang murah. Itu memang harga normalnya, selisih harga itu bisa di gunakan untuk menutup biaya perbaikan transmisi matik,” kata Hermas.

Namun, Hermas juga mengatakan, mobil matik yang mengalami kerusakan bisa diperbaiki hingga tuntas sehingga pemilik tidak perlu khawatir.

“Transmisi matik yang sudah rusak bisa di perbaiki seperti sedia kala seperti baru. Sehingga konsumen cukup mempersiapkan dana perbaikannya saja sebelum memutuskan beli mobil matik bekas di atas 10 tahun,” kata Hermas.

1. Riwayat Perawatan dan Pemeliharaan

Riwayat perawatan dan pemeliharaan adalah kunci untuk mengetahui keadaan mobil bekas. Pastikan untuk memeriksa bukti perawatan yang dilakukan secara teratur oleh pemilik sebelumnya. Jika ada catatan pemeliharaan yang kurang atau tidak ada sama sekali, ini bisa menjadi tanda peringatan bahwa mobil tersebut mungkin tidak terawat dengan baik.

2. Pemeriksaan Kondisi Mesin dan Transmisi

Mesin dan transmisi adalah komponen paling penting dalam mobil matik. Periksa apakah ada tanda-tanda keausan berlebih atau masalah potensial. Bunyi aneh, getaran yang tidak normal, atau kebocoran minyak adalah indikasi bahwa ada sesuatu yang perlu diperhatikan.

Baca juga : 4 Kereta Api Subsidi dengan Harga Miring

3. Periksa Kilometer yang Sudah Ditempuh

Kilometer yang sudah ditempuh merupakan faktor penting dalam menentukan kondisi mobil. Mobil matik yang sudah berusia di atas 10 tahun dengan kilometer yang rendah mungkin lebih baik daripada yang memiliki kilometer yang tinggi. Namun, pastikan untuk memeriksa apakah kilometer tersebut telah di putar atau tidak.

4. Pemeriksaan Struktur dan Kerangka

Pemeriksaan struktur dan kerangka sangat penting, terutama untuk mobil yang sudah berusia. Periksa apakah ada tanda-tanda korosi atau kerusakan struktural lainnya. Kerusakan struktural dapat menyebabkan masalah keselamatan yang serius di jalan.

5. Uji Jalan dan Performa

Melakukan uji jalan adalah langkah penting dalam memastikan bahwa mobil matik bekas berfungsi dengan baik. Perhatikan apakah transmisi berpindah dengan lancar, apakah rem berfungsi dengan baik, dan apakah suspensi menyerap guncangan dengan baik.

6. Periksa Kelengkapan Dokumen

Pastikan untuk memeriksa kelengkapan dokumen mobil, termasuk STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), dan dokumen lainnya. Pastikan semua dokumen tersebut valid dan sesuai dengan data mobil.

7. Evaluasi Harga Pasar

Bandingkan harga mobil matik bekas yang Anda minati dengan harga pasar yang sejenis. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan dan pastikan untuk menegosiasikan harga yang wajar berdasarkan kondisi mobil.

8. Pertimbangkan Biaya Perawatan dan Perbaikan

Mobil matik bekas yang sudah berusia di atas 10 tahun mungkin memerlukan perawatan dan perbaikan yang lebih sering. Pertimbangkan biaya-biaya ini dalam anggaran Anda untuk menghindari kejutan finansial di masa depan.

9. Cari Informasi dari Sumber Terpercaya

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil matik bekas, cari informasi sebanyak mungkin dari sumber-sumber terpercaya seperti forum otomotif, situs ulasan, atau mekanik yang terpercaya. Pengalaman dan pengetahuan dari orang lain dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

10. Pertimbangkan Opini Profesional

Jika Anda tidak yakin tentang kondisi mobil, pertimbangkan untuk membawa mobil tersebut ke mekanik yang dapat di percaya untuk inspeksi lebih lanjut. Biaya inspeksi ini mungkin sepadan dengan keamanan dan ketenangan pikiran yang Anda dapatkan.